Oleh: halaqohdakwah | Agustus 23, 2008

Mengungkap Opini Umat Islam

Sumber : Tabloid Republika, Dialog Jumat, 22 Agustus 2008

Judul Buku : Saatnya Muslim Bicara : Opini Umat Muslim tentang Islam, Barat, Kekerasan, HAM, dan Isu-isu Kontemporer Lainnya.
Penulis : John L. Esposito & Dalia Mogahed
Penerbit: Mizan, 252 hlm

Apakah Mayoritas Muslim menyetujui aksi terorisme atas nama Islam? Apakah mayoritas Muslim membenci Barat? Manakah yang dipilih Muslim : demokrasi atau teokrasi? Nenarkah mayoritas Muslimah merasa tertindas? Dan benarkah mereka menginginkan kebebasan seperti wanita Barat?

Berbagai pertanyaan itu kerap menggelayuti benak orang, khususnya di Barat. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Gallup World Poll selama beberapa tahun mengadakan proyek jajak pendapat Muslim di 35 negara. Dengan mewawancarai puluhan ribu Muslim di berbagai belahan dunia, Gallup berusaha mengetahui opini sesungguhnya yang mewakili mayoritas dari 1,3 milyar Muslim di dunia tentang berbagai pertanyaan yang sering menimbulkan perdebatan seperti yang diuraikan di atas. Jawaban-jawaban yang muncul sering kali di luar dugaan, khususnya orang-orang Barat, selama ini.

Lebih dari sekedar mengungkap opini umat Muslim di seluruh dunia, buku ini juga sekaligus membukakan mata kalangan Barat tentang apa dan siapa umat Muslim itu, dan pandangan mereka tentang berbagai hal. Sebab, selama ini, apalagi sejak terjadinya serangan WTC 11 September dan serangan teroris di berbagai negara, gelombang kebencian terhadap umat Islam pun meningkat. Betapa banyak orang khususnya di Barat yang memasang stigma negatif terhadap umat Muslim, dan anggapannya tentang Islam berupa stereotip “tukang kawin, gemar berperang, tidak menghargai wanita dan hukum potong tangan”.

Karena itulah salah satu penemuan hasil jajak pendapat itu adalah, “… satu hal yang dapat dilakukan Barat untuk memperbaiki hubungan masyarakat mereka (Muslim) adalah melunakkan pandangan mereka terhadap Muslim dan menghargai Islam.” (hlm 17)

Siapa pun yang ingin mengetahui potret sesungguhnya mayoritas umat Muslim di dunia perlu membaca buku yang sangat aktual ini. (ika)


Responses

  1. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih informasinya.
    Dalam konteks relasi Barat (Nasrani dan Yahudi) dengan Timur (Islam), maka rujukannya adalah QS.2:120, di mana Allah SWT menjelaskan bahwa Nasrani dan Yahudi akan selalu memusuhi Islam (muslim).
    Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi Umat Islam untuk tidak mempercayai Barat, dan lebih mempercayai Allah SWT (dalam firmanNya di QS.2:120), karena sejarah selama ini dan hingga kini tahun 2008 (lihat kasus Palestina, Irak, Afghanistan, dan lain-lain) telah membuktikan kebenaran QS.2:120.
    Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    Untuk share silahkan klik “Sosiologi Dakwah” di http://sosiologidakwah.blogspot.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: